Fenomena BoyBand GirlBand Indonesia

15 Jan

Tahun 2011 kemarin sepertinya pergeseran musik Indonesia kembali terjadi, setelah sebelumnya banyak band yang mengiblat ke Melayu kini musik Indonesia berbelok arah ke Korea Selatan dengan genre Kpop-nya. Semakin menjamurnya Boyband dan Girlband Indonesia ini disebabkan karena orang Indonesia sendiri semakin menggemari genre musik Kpop (Korean Pop). Bahkan salah satu TV Indonesia mulai mengeluarkan jargon Ipop untuk genre musik yang serupa.

Di Korea, BB/GB melakukan debut dengan cara yang tidak mudah. Para calon-calon Idola di training terlebih dahulu selama beberapa bulan bahkan tahun. Mereka yang mempunyai cita-cita menjadi Idola melakukan training ini dari bangku SMP tapi sebelumnya mereka harus melakukan audisi terlebih dahulu sebelum memasuki salah satu manajemen artis yang ada disana. Well, selama training itu mereka dilatih menyanyi, menari dll. guna mempersiapkan mereka untuk terjun ke dunia Entertaiment yang konon katanya ‘ganas’.

Sekarang kita bandingkan BB/GB di Indonesia.

Di Indonesia, BB/GB yang sekarang ada adalah hasil instan yang bermodalkan ‘tampang’ semata. Mereka melakukan debut dengan satu buah single yang sekiranya dapat diterima dengan mudah di telinga para pendengar musik mereka. Mereka yang langsung terjun ke industri Indonesia tampaknya tidak cukup siap untuk melakukan nyanyi secara live (maksudnya tanpa Lipsync). Seakan mereka menari untuk panggung 17-an yang ada di kampung-kampung dan sebenarnya sungguh tidak layak untuk disiarkan di TV nasional Indonesia.

Fenomena yang terjadi

Semakin hari semakin banyak pendatang BB/GB di musik Indonesia dan semakin hari mereka terlihat tidak memiliki ciri khas. Wajar jika banyak orang yang menilai mereka melakukan ‘plagiat BB ini atau GB itu’. Dan ketika ditanyakan pun mereka mengaku hanya terinspirasi saja. Itu bukanlah masalah yang harus diperdebatkan karena wajar jika seseorang terinspirasi dari orang lain namun yang harus diperhatikan adalah ciri khasnya harus ada. Ada beberapa BB/GB Indonesia yang mulai meningkatkan kualitasnya dengan mulai menyanyi secara live dan enak terdengar di telinga. Inilah dia BB/ GB yang gw maksudkan:

1. SM*SH

” Sm*sh merupakan boyband yang mengawali “kebangkitan” boyband-boyband di Indonesia. Awalnya mereka melakukan lipsync di acara-acara musik yang diikutinya tapi belakangan ini mereka mulai melakukan nyanyian dan tarian bersama-sama secara live dan not bad lah ^^”

2. Chery Belle

” Girlband yang satu ini menuai banyak kontroversi di antara pecinta Kpop karena di anggap melakukan “penjiplakan” salah satu Girlband terkenal asal Korea. tapi terlepas dari itu, nyanyian live CB cukup mumpuni untuk industri musik Indonesia.”

Itulah salah dua contoh BB/GB yang sudah mulai mempunyai ciri khasnya dan meningkatkan kualitas mereka masing-masing. Sebenarnya sudah banyak orang yang jengah dengan fenomena BB/GB yang instan dan menyerbu industri musik Indonesia tapi seandainya mereka mau meningkatkan kualitas mereka seperti dua contoh di atas maka orang-orang pun akan menerimanya dengan senang hati juga.

” Hidup Musik Indonesia.”

 

One Response to “Fenomena BoyBand GirlBand Indonesia”

  1. Risung Kim May 19, 2012 at 3:07 pm #

    Mau mereka lipsync ato engga, w tetep gak suka. Karena sekali PLAGIAT tetep aja PLAGIAT! dan sampai kapanpun mereka ga akan bisa nyamain apalagi nyaingin BB/GB KOREA.

Leave a opinion

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: